7 Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi di Handphone

cekponsel.com, Menyebalkan memang Ketika kita sedang  berselancar di internet kemudian down koneksi, atau biasa kita sebutnya jaringan lemot. Entah itu saat kita streaming video, berselancar di social media atau saat kita bermain game online, hal itu sangat menyebalkan bukan ?.

Nah kali ini saya ada beberapa tips buat kalian yang sering mengalami loss conection saat asik menggunakan smartphone atau computer kalian untuk menyelesaikan pekerjaan atau hanya sekedar mencari hiburan. Berikut cara-caranya.

  1. Gunakan Aplikasi penguat sinyal

Cara paling mudah  untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di handphone adalah dengan menggunakan apliksi penguat sinyal. Kamu bisa mencarinya di playstore  dan App store.salah satu yang bisa kamu coba adalah Wi-fi booster dan Analyzer. Ada beberapa fitur yang bisa kamu coba misalnya tombol boost untuk meningkatkan sinyal Wi-fi di handphone mu. Kamu akan mendapatkan koneksi yang lebih cepat dari pengguna lain.

  1. Update Radio atau firmware

Jika koneksi Wi-fi di Handphone mu sangat buruk, firmware yang ketinggala Zaman bisa menjadi salah satu alasannya. Firmware atau biasa kita sebut dengan perangkat tegar adalah perangkat lunak yang ditanam pada tiap unit hardware yang dapat melakukan berbagai proses rutin di penyimpanan internal (ROM) smartphone. Kamu bisa melakukan pembaruan melalui settings – About Phone – System/software Update.

7 Cara Memperkuat Sinyal Wi-fi - di Handphone

  1. Ubah frekuensi menjadi 5 GHz

Kebanyakan Handphone android tipe lama menggunakan frekuensi 2.4 GHz.karena frekuensi ini memiliki cakupan yang luas dan sinyal yang cukup kuat. Akan teteapi sudah terlalu banyak orang menggunakannya sehingga kadang terjadi gangguan. Sedangkan pada frekuensi 5 GHz,terdapat lebih banyak ruang kosongkarena tida tumpeng tindih. Oleh karena itu, gantilah frekuensimu menjadi 5 GHz melalui Settings > WiFi > Advance Settings > WiFi Frekuensi Band.

  1. Setel router untuk menghindari koneksi buruk

wifi-jaringan-koneksi-smartphone

Jika kalian merasakan ada penurunan kualitas pada kecepatan WiFi di rumah, ada kemungkinan orang lain menggunakanya. Mungkin saja tetangga, teman atau siapa pun itu. Oleh karena itu gunakan password yang rumit agar sulit untuk di bobol. Cara lain untuk mencegah hal ini adalah dengan mengaktifkan Broadcast SSIB di pengaturan Wi-Fi. Dengan begitu, orang lain tidak akan bisa melacaknya.

  1. Cek apakah case handphone yang kam gunakan memperburuk sinyal

Dalam banyak kasus case handphone yang kamu gunakan dapat mempengaruhi sinya yang di terima oleh Handphone, apalagi jika case yang kamu miliki terbuat dari logam. Untuk mengetahui apakah ini terjadi padamu, kamu harus menjalankan speedtest. Pertama coba test saaat kamau mengguakan case, kemudian lakukan  lagi test yang keduakalinya tapa menggunakan case. Jika hasil test yang kedua lebih baik dari yang pertama , Fix case yang kamu gunakan mengganggu sinyal yang di terima oleh handphone.

  1. Pindahkan posisi router pada tempat yang tepat

Jika kamu memiliki Wi-Fi di rumah tetapi sinyalnya tidak kuat, coba cari tempat yang tepat untuk menempatkan router. Kenapa ini begitu penting , router yang kamu gunakan untuk menyebarkan sinyal sebenarnya memiliki jangkauan sinyal yang terbatas misalnya jika terhalang tembok, kamu tidak akan mendapatkan sinyal yang kuat. Oleh karena itu kamu harus menempatkanya di area yang dekat dengan mu. Jika kesulitan mencari letak yang ideal, coba gunakan aplikasi WiFi FDTD solver.

  1. Setel handphone untuk menghindari koneksi buruk

Kamu juga bisa mengatur agar handphonemu bisa menghindari Wifi dengan koneksi buruk. Dengan begitu WiFi yang ditampilkan hanyalah mereka yang memilki kualitas koneksi baik. Untuk melakukannya, buka settings > WiFi > Advanced Settings. Disana kamu akan melihat kotak centang untuk menghindari koneksi buruk.

baca juga ;

Oke mungkin sampai sini dulu pembahasan tentang tips untuk menyiasati loss conection pada smartphone. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share ke teman atau kerabat yang kamu kenal. Terimakasih.

You May Also Like

About the Author: Anak Sulung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *