Mengenal Jenis-Jenis Layar Smartphone

Hallo sobat gadget, masih doyan koleksi ponsel keluaran terbaru ? atau mau nambah koleksi yang lebih up to date ? sebelum kamu putusin buat beli ponsel baru alangkah baiknya kamu kenali dulu jenis-jenis panel atau layar yang digunakan pada ponsel baru-baru ini.

Disamping untuk berfungsi untuk menampilkan hasil yang yang cerah panel layar pada ponsel juga sangat berpengaruh loh untuk menunjang kegiatanmu saat berselanjar menggunakan internet dan juga saat bermain game untuk memaksimalkan grafik pada game yang sedang kamu mainkan. Nah jika kamu belum tau apa saja jenis-jenis panel atau layar yang di gunakan oleh pabrikan ponsel saat ini berikut ulasaanya bisa kamu simak di bawah ini.

Panel TFT LCD

Panel ini merupakan pengembangan dari jenis LCD yang popular digunakan di banyak perangkat ponsel era android. Selain peningkatan kualitas gambar yang didukung dengan jutaan warna pada setiap pikselnya, panel ini juga memilki resolusi yang tinggi, disamping itu Layar TFT ini mempunyai harga produksi yang bisa dibilang tidak terlalu mahal.

Dan untuk kekuranganya sediri layar TFT ini terbilang boros daya baterai dan juga sudut pandang yang kurang luas Ketika digunakan dibawah sinar matahari. Selain itu , kualitas gambar yang dihasilkan pun masih belum terlalu bagus.

IPS LCD

IPS LCD sediri adalah pengembangan dari LCD yang masih eksis untuk digunakan pada smartphone-smartphone sekelas new-entry di jaman sekarang. Meskipun biaya produksi untuk layar ini lebih mahal dibanding TFT, akan tetapi layar IPS ini memliki keunggulan yang lebih diantarnya sudut pandang yang lebih luas dan juga memilki kualitas warna pada layar yang lebih baik jika di bandingkan dengan TFT LCD.

Untuk masalah konsumsi daya baterai, IPS LCD ini tidak terlalu boros seperti TFT LCD . oleh sebab itu tak heran jika layar ini masih banyak di manfaatkan oleh pabrikan ponsel seperti Lenovo,Xiaomi,Samsung dan masih banyak lagi lainya yang masih menggunkan IPS LCD ini untuk melengkapi produk mereka.

OLED

Layar berjenis OLED ini dikembangkan oleh para ahli agar dapat meningkatkan performa layar HP dari generasi sebelumnya, yaitu LCD. Karena mempunyai layar yang fleksible dan tipis membuat layar berjenis OLED lebih sering digunakan para vendor smartphone yang mengusung dimensi smartphone yang tipis.

OLED sendiri diklaim mampu menghasilkan warna yang lebih pekat dan mememilki kecerahan yang sangat tinggi. Sayangnya beberapa kelebihan dari layar oled ini harus dibayar dengan biaya produksi yang tidak murah.

RETINA DISPLAY

Sebenarnya Retina Display adalah istilah yang digunakan oleh Apple Inc untuk jenis Layar IPS yang sangat tajam dengan densites piksel yang sangat tinggi . saking tingginya, mat akita pun tidak dapat mendeteksi piksel pada jarak pandang normal.

Layar Retina Display sendiri memilki kualitas gambar yang begitu tajam dan jernih dengan warna yang natural. Namun, ini harus terbayarkan dengan konsumsi daya baterai yang lebih tinggi. Selain itu layar berjenis retina display hanya bisa sobat temukan di produk Apple saja.

AMOLED

Samsung sebagai salah satu perusahaan teknologi besar di dunia telah berinovasi untuk menggabungkan teknologi layar OLED dengan layar TFT yang menghasilkan Layar AMOLED. Kelebihan dari Layar ini ialah lebih efisien dari segi dimensi dan juga konsumsi daya baterai.
Warna yang dihasilkan pun sangat tajam dan sangat nyaman ketika digunakan dibawah sinar matahari langsung. Tapi sayangnya layar berjenis AMOLED ini hanya dapat kamu jumpai di Smartphone sekelas flagship karena biaya produksi untuk layar ini tergolong mahal. Jadi buat kamu yang ingin merasakan kecanggihan dari layar ini silahkan upgrade ponsel kamu kedalam jajaran HP flagship.

SUPER AMOLED

Untuk kelas yang paling tinggi pabirikan smartphone saat ini memilki layar berjenis Super Amoled , namun perlu sobat ketahui juga layar ini sangat lah sensitive dan juga memilki kekurangan yang terbilang fatal, yang jika rusak kamu harus mengganti layar tersebut satu paket antara layar dan touchscreen sekaligus. itu semua dikarenakan layar ini memilki sensor sentuh yang tersematkan didalam layar tersebut.

Tapi, dengan begitu Layar Super Amoled ini memilki keunggulan yakni dimensi layar yang sangat tipis dan mampu dikombinasikan dengan tren smartphone saat ini yang mengusung gaya tips nan elegan. Selain itu, sebenarnya layar ini tidak jauh berbeda dari layar AMOLED biasa, yaitu warna yang tajam dan kosumsi daya yang sangat sedikit.

Oke itu tadi beberapa jenis layar smartphone yang kini masih digunakan untuk melengkapi produk-produk dari Apple Phone , Samsung , Xiaomi ,HTC ,realme dan vendor ponsel lainya. Mungkin saja dari 6 jenis layar di atas tadi ada dari sobat gadget yang memilki ponsel dengan jenis layar yang sama . atau mau berganti handphone ke salah satu yang menggunakan jenis layar yang ada diatas tadi, pesan saya bijaklah dalam memilih sesuai kebutuhan dan fungsi yang bisa menunjang kegiatan sobat gadget dalam menjalani aktifitas harian sobat.
Terimakasih

You May Also Like

About the Author: Anak Sulung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *