Apa itu dan Cara Pakai AirDrop Pada Perangkat iOS

Apa itu dan Cara Pakai AirDrop Pada Perangkat iOS

AirDrop — Buat kamu nih para pengguna iPhone sama iPad apakah kamu pernah menggunakan aplikasi bawaan dari Apple yait AirDrop ? bagi yang sudah tahu dan pernah menggunakanya, selamat kamu sudah memilih ponsel sesuai kebutuhan mu. Bagi yang belum pernah atau tidak tahu aplikasi tersebut kamu bisa simak penjelasan di bawah ini biar nanti nggak disebut gaptek lagi ,hehe

Secara garis besarnya AirDrop ini adalh aplikasi yang sengaja di buat untuk mensinkronasikan data dan kata lain mentransfer semua data yang kamu inginkan ke semua perangkat iOS kamu mulai dari iPhone, Mac OS , smapai iWatch agar semua data di iCloud atau akses gadget kamu menjadi satu control dalam genggaman. Lalu bukankah sudah ada e-mail atau iMessage yang bisa di gunkakan kalau Cuma transfer data ke sesame perangkat iOS ? eeittss aplikasi ini tidak seperti aplikasi lain yang Cuma bisa mengelola pesan saja loh. Ada fungsi yang sangat perlu di gunakan untuk keamanan penggunanya. Untuk lebih jelasnya berikut fungsi AirDrop pada iOS.

Apa Itu AirDrop dan Apa Fungsinya ?

AirDrop adalah aplikasi layanan pengiriman data antar perangkat Apple dengan menggunakan jaringan WiFi atau Bluetooth. Simpelnya begini, kamu bisa transfer data entah itu video atau music yang berdurasi Panjang atau file penting lainnya yang tidak bisa dikirim menggunakan apliksi sosmed kepada pengguna perangkat Apple lain , Apple memberikan solusi berbagi file ke sesama pengguna Apple melalui Bluetooth layaknya seperti di Android.

Apa itu dan Cara Pakai AirDrop Pada Perangkat iOS

Untuk bisa menggunakan AirDrop ,perangkatmu harus sudah menggunakan OS minimal iOS 7 atau yang lebih tinggi dan untuk MacBook harus sudah di upgrade ke system operasi OS X Yosemite. Tapi bagi kamu pengguna iPhone 5 atau seri diatasnya kamu sudah bisa menggunakan fitur AirDrop ini begitu juga bagi kamu yang memilki iPad generasi ke 4 atau diatasnya dan ipod touch generasi kelima kamu juga bisa menikmati fitur yang disediakan oleh aplikasi AirDrop.

Karena gadget apple itu ibarat satu ekosistem, jadi kamu akan lebih mudah dalam mengatur transfer file antar perangkat dibandingkan dengan menggunakan Bluetooth pada umumnya. Selain itu, kelebihan pada Aplikasi ini juga kamu bisa transfer data dengan supercepat dari biasanya dan tentunya tidak membutuhkan kuota internet sama sekali untuk berbagi file. Alasan inilah yang membuat kamu berfikr Kembali jika ingin mengirim data atau file besar emnggunakan aplikasi pengirim pesan yang biasa di gunakan seperti WhatsApp atau Line .

Baca Juga :

Kelemahan dari aplikasi ini hanya satu jika kamu ingin mentransfer file menggunakan AirDrop,kamu hanya bisa melakukanya dengan jarak yang dekat dengan perangkat apple lain. Jadi setelah kamu mengambil foto Bersama teman mu kamu bisa langsung mengirim file tersebut ke perangkat iOS lainya.

Cara Kerja AirDrop Dalam Mengirimkan Data

Pada intinya seperti yang sudah saya bilang diatas tadi bahwa jika kamu ingin menggunakan AirDrop kamu harus menyalakan Bluetooth di ponselmu untuk membuat jaringan Wi-Fi peer-to-peer sesame perangkat iOS. Setiap perangkat akan membentuk firewall koneksi sendiri untuk dapat mengekripsi data yang dikirimkan.

Apa itu dan Cara Pakai AirDrop Pada Perangkat iOS

Aplikasi AirDrop mampu mendeteksi perangkat lain secara otomatis tentunya dalam radius atau jangkauan yang cukup dekat untuk mendapatkan koneksi WiFi yang setabil. Setelah koneksi terhubung, kamu dapat memanfaatkan koneksi tersebut untuk berbagi atau transfer data.

Keuntungan Berbagi Data Dengan AirDrop

Tidak memerlukan Kuota internet

Seperti yang sudah saya katakana di awal-awal tadi bahwa berbagi file menggunakan aplikasi AirDop ini hanya butuh koneksi Bluetooth saja tanpa harus memakan kuota internet mu, kamu bisa berbagi file dengan ukuran yang beragam mulai dari sedang hingga yang besar sekalipun.

Transfer data dengan cepat

Meski ada beberapa aplikasi yang menawarkan kemampuan untuk berbagi data yang sama dengan memanfaatkan bluetooth, kecepatannya relative dan tidak secepat jika kamu menggunakan AirDrop. Bahkan Jika dibandingkan dengan fitur Near Field Communications (NFC) dan bluetooth yang ada pada perangkat Android sekalipun, AirDrop ini masih tetap unggul dalam segi kecepatan transfer data. Sehingga kamu tak harus menunggu berlama-lama saat berbagi file.

Cara Mengakses AirDrop Menggunakan Perangkat iOS

Jika kamu belum pernah menggunakan AirDrop sama sekali, kamu dapat menemukannya di menu Control Panel. Cukup dengan menarik layar dari bawah ke atas pada iPhone atau iPad kamu, lalu ketuk AirDrop lalu aktifkan koneksi pada perangkat.

Setelah aktif, kamu bisa memenage pengaturan untuk bisa berbagi data. Kamu akan menemukan kotak dialog baru dengan opsi ‘Contacts Only’, jika kamu memilih menu tersebut, kamu hanya akan bisa berbagi data dengan orang yang ada di daftar kontak saja. Namun Jika kamu memilih opsi “Everyone”, kamu dapat berbagi data dengan semua orang yang menggunakan perangkat iOS meski orang tersebut tidak ada dalam dafftar kontak di ponselmu.

Mengirim dan Menerima Data Menggunakan AirDrop

Jika fitur AirDrop di perangkat mu sudah aktif, kamu bisa menggunkanya langsung untuk mengirim dan menerima data dengan mudah. Perlu diingat bahwa fitur AirDrop ini hanya dapat diaplikasikan bagi sesama pengguna iOS.

Apa itu dan Cara Pakai AirDrop Pada Perangkat iOS

Kemudian pilih data yang ingin kamu kirim, lalu tekan tombol Share via AirDrop. contoh, kamu ingin mengirim video durasi panjang. Kamu hanya perlu buka Gallery, lalu pilih video yang ingin dikirim, kemudian pilih opsi Share. Disini juga kamu bisa mengirim file lebih dari satu loh. Setelah itu, tinggal klik via AirDrop .

Untuk perangkat MacBook, kamu hanya perlu klik Finder, Go, lalu cari AirDrop. Cara selanjutnya pun sama dengan iPhone, kamu bisa memilih opsi “Contacts Only” atau Everyone.

Itulah tadi fungsi dan cara kerja dari Airdrop yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagi file sesama pengguna iOS dengan ukuran data yang besar. Jika kamu termasuk yang sering berbagi data dengan jumlah yang banyak dan besar fitur ini sangat membantu dan tentunya sangat menghemat waktu transfer. Oke sekian dulu dari saya semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: Anak Sulung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *